Tuesday, December 5, 2017

Erdogan: Permasalahan Yerusalem Dapat Mengarah Kepada Pemutusan Hubungan Diplomatik Turki-Israel

President Recep Tayyip Erdoğan

Berbicara dalam pertemuan anggota legislatif Partai AK pada hari Selasa di Ankara, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan menyatakan keprihatinannya terhadap rencana Donald Trump memindahkan kedutaan besar Amerika Serikat dari Tel Aviv ke Yerusalem sebagai bentuk pengakuan klaim Israel atas kota Yerusalem terjajah.

"Mr. Trump, Yerusalem itu garis merah bagi Muslim. Disaat luka-luka Palestina masih mengalir darah dan serangan-serangan Israel terhadap mereka masih terus berlangsung, pengakuan Yerusalem sebagai ibukota Israel tidak hanya melanggar kesepakatan internasional tapi juga pelanggaran moral," kata Erdogan.

"Kita akan mengikuti perkembangan masalah ini dengan seksama dan bisajadi mengarah kepada Ankara memutuskan hubungan diplomatik dengan Israel," tambahnya.

Yerusalem kota suci bagi tiga agama dunia: Islam, Kristen dan Yahudi, Kristen. Masjid Al-Aqsa (tempat suci ketiga umat Islam) terletak di kota Yerusalem. Begitu juga Gereka Makam Suci yang diyakini umat Kristen sebagai tempat Yesus meninggal disalib dan kemudian dibangkitkan.

Sumber: http://www.yenisafak.com/en/news/erdogan-jerusalem-issue-could-lead-to-ankara-cutting-diplomatic-ties-with-israel-2869878

No comments:

Post a Comment