Tuesday, February 5, 2019

Paus Francis dan Syeikhul-Azhar Ahmed Al-Tayeb Tandatangani Deklarasi Persaudaraan di Abu Dhabi

Hari pertama dalam rangkaian kunjungan bersejarah Paus Francis di Negara-negara Arab Teluk berakhir dengan penandatanganan "Dokumen Persaudaraan Kemanusiaan" oleh pemimpin tertinggi Gereja Katolik dan salah satu pemegang otoritas tertinggi dalam Islam, Syeikh Ahmed Al-Tayeb, Imam Besar Masjid Al-Azhar.


Dalam Deklarasi Persaudaran -- dimana para pemimpin agama bertekad untuk bekerjasama dalam jangka panjang dan untuk menolak kekerasan dan radikalisme -- juga ditandatangi oleh Syeikh Mohammed bin Rashid Al-Maktoum, perdana menteri UAE, negara yang menjadi tuan rumah acara itu di ibukotanya Abu Dhabi.

Paus Francis menyeru kepada hadirin: "Persaudaraan dibangun di sini pada akar kemanusiaan kita yang sama, sebagai bentuk keserasian dalam rencana penciptaan oleh Tuhan." Beliau menekankan tema persaudaraan, pendidikan, keadilan, pembinaan kemanusiaan berdasarkan penglibatan semua.

"Tidak ada alternatif lain," beliau menambahkan. "Kita tinggal memilih antara membangun masa depan bersama, atau tidak ada masa depan sama sekali. Agama, pada khususnya, tidak mungkin mencabut perannya dalam menjembatani antar manusia dan antar budaya." Pidato Paus disampaikan dalam bahasa Italia yang diterjemahkan kedalam bahasa Arab bagi mayoritas hadirin.

Syeikh Al-Tayed berkata: "Dokumen ini bersejarah, menyerukan kepada para pengambil kebijakan untuk menghentikan pertumpahan darah dan konflik. Muslim harus melindungi saudara Kristen mereka. Saya akan bekerja dengan saudara dan teman saya Paus Francis untuk melindungi semua komunitas."

Imam besar juga menambahkan: "Saya bangga melihat UAE menginvestasi dalam sumber daya manusia dan khususnya pada pemuda. Wawasan jangka panjang dan kearifan telah mentransformasi UAE menjadi sebuah negara yang cerah sehingga mampu menjadi tuan rumah pertemuan seperti ini."

Sumber: ArabNews


No comments:

Post a Comment