Sunday, February 10, 2019

70 Orang Tewas di India Akibat Minum Miras Oplosan

Menurut keterangan resmi pejabat India dan media setempat, sedikitnya 70 orang tewas dan 27 jatuh sakit di beberapa desa di daerah utara India setelah mereka minum minuman keras oplosan yang tercampur methanol beracun.


Pejabat kepolisian senior Ashok Kumar menyatakan 26 korban tewas dalam dua kejadian terpisah di negara bagian Uttar Pradesh, 306 km arah timur ibukota New Delhi, sedangkan 13 korban tewas di negara bagian Uttarakhand. Mayoritas para korban dilaporkan dari desa Balpur di Uttarakhand.

Kumar mengatakan bahwa para korban meminum minuman keras pada dua perayaan tradisional pada Kamis malam. Dari identifikasi pasca kematian dan laporan forensik awal, terdapat indikasi bahwa minuman keras itu telah tercampur dengan methanol.

Polisi telah menangkap delapan orang yang dicurigai sebagai produsen minuman keras oplosan dan 35 pejabat daerah dibebastugaskan, termasuk diantaranya 12 orang polisi.

Kematian karena meminum minuman keras oplosan sering terjadi di India karena warga miskin tidak mampu membeli minuman keras bermerk. Minuman keras oplosan jauh lebih murah dan sering diperkuat dengan bahan-bahan kimia seperti pestisida.

Minuman keras oplosan juga telah menjadi industri yang sangat menguntungkan di India dimana para produsen bebas dari bayar pajak dan menjual minuman keras dalam jumlah besar kepada warga miskin dengan harga murah.


Sumber : TRTWorld

No comments:

Post a Comment