Friday, December 1, 2017

"Konflik Timur Tengah Harus Berakhir Dengan Negara Palestina"

Juru bicara Presiden Palestina menegaskan hal ini ditengah laporan Amerika Serikat akan segera memindahkan kantor kedutaan besarnya dari Tel Aviv ke Yerusalem.

'Mideast conflict must end with Palestinian state'
"Konflik Timur Tengah Harus Berakhir Dengan Negara Palestina"

Resolusi konflik Israel-Palestina harus menjamin Yerusalem Timur menjadi ibukota Negara Palestina merdeka, kata Nabil Abu Rudeineh, juru bicara Presiden Palestina Mahmoud Abbas, pada hari Jum'at, menanggapi laporan TV Israel yang menyatakan Amerika Serikat segera mengakui Yerusalem sebagai ibukota Israel dan akan memindahkan kantor kedutaan besarnya ke sana.

"Kegagalan untuk mencapai solusi masalah Palestina akan menjadikan wilayah regional Timur Tengah dan bahkan dunia dalam keadaan tegang, kacau dan penuh kekerasan, " dalam pernyataannya pada kantor berita resmi Palestina WAFA.

"Yerusalem Timur beserta tempat-tempat sucinya adalah awal dan akhir dari solusi masalah Palestina dan satu-satunya pendekatan yang akan menyelamatkan wilayah regional Timur Tengah dari kehancuran," tambahnya.

"Hanya dengan legalitas internasional yang dimotori oleh keputusan Sidang Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) mengakui kemerdekaan Negara Palestina dan menyatakan koloni wilayah pendudukan Israel sebagai ilegal akan tercipta iklim yang cocok untuk memecahkan permasalahan regional dan mengembalikan keseimbangan hubungan Arab-Amerika," sambut dia.

"Presiden Abbas masih komitmen dengan kesepakatan damai yang adil yakni solusi dua-negara (Israel-Palestina) sesuai dengan resolusi internasional dan inisiatif perdamaian Arab (2002)," tambahnya.

Abu Rudeinah selanjutnya menekankan "pilihan sulit" yang dihadapi regional.

"Rakyat dan negara di regional ini mesti berpijak pada prinsip-prinsip nasional dalam menghadapi tantangan-tantangan serius yang mempengaruhi eksistensi Arab," tambahnya.

Israel menguasai wilayah Tepi Barat, yang meliputi Yerusalem, pada tahun 1967. Saat ini ada sedikitnya 200.000 pemukim Yahudi mendiami Yerusalem Timur dan 400.000 lagi mendiami Tepi Barat.

Rakyat Palestina berharap pada akhirnya memiliki negara merdeka dengan wilayah Tepi Barat dan Gaza dan Yerusalem Timur sebagai ibukota.

Sumber: http://www.yenisafak.com/en/world/mideast-conflict-must-end-with-palestinian-state-2869624 

No comments:

Post a Comment