Wednesday, February 7, 2018

Dewan Keamanan PBB Sidang Darurat Kondisi Kemanusiaan Suriah



Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (DK PBB) akan mengadakan sidang darurat tertutup hari Kamis, 8 Februari 2018, untuk membahas seruan para pejabat lembaga kemanusiaan PBB agar segera diberlakukan gencana senjata di Suriah selama satu bulan untuk berikan kesempatan lembaga kemanusiaan bekerja membantu meringankan derita rakyat sipil Suriah korban perang saudara.

Pada hari Rabu, Swedia dan Kuwait meminta DK PBB agar bersidang untuk menyikapi kondisi warga sipil Suriah di daerah Ghouta Timur dan Idlib yang terus-terusan digempur serangan udara oleh pesawat tempur rejim Assad dan Russia.

"Gencatan senjata demi kemanusiaan perlu agar bantuan kemanusian darurat dapat menembus daerah terisolasi dan agar warga yang terluka parah dan dalam kondisi sakit kritis dapat dievakuasi," kata duta besar Swedia untuk PBB.

13,1 juta penduduk Suriah butuh bantuan kemanusiaan, 6,1 juta diantaranya hidup mengungsi di penampungan di dalam wilayah Suriah.

Menurut data Pengawas HAM Suriah, sedikitnya 32 warga sipil terbunuh, kebanyakan mereka anak-anak, pada serangan terbaru rejim Assad pada wilayah Ghouta Timur pada hari Rabu. Pada hari sebelumnya, Selasa, 80 warga terbunuh di daerah yang sama.

Sumber ArabNews

No comments:

Post a Comment