Thursday, February 8, 2018

Dewan Keamanan PBB Bersidang Membahas Krisis Rohingya

Rohingya refugee women wait outside of a medical center at Jamtoli camp in Cox's Bazar, Bangladesh on January 22, 2018

Delapan negara pada hari Rabu, 7 Februari 2018, meminta Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (DK PBB) menggelar sidang untuk membahas nasib ratusan ribu pengungsi Rohingya yang terusir dari kampung halaman mereka Myanmar.

DK PBB akan bersidang pada hari Selasa mendatang untuk mendengarkan laporan Komisi Tinggi PBB untuk Urusan Pengungsi Filippo Grandi tentang krisis Rohingya di Propinsi Arakan sejak operasi militer Myanmar pada bulan Agustus 2017.

Pertemuan ini bertepatan tiga bulan setelah resolusi DK PBB memerintahkan pemerintah Myanmar agar menekan pasukan milter dan mengizinkan para pengungsi Rohingya kembali ke kampung halamannya.

Sedikitnya 750,0000 warga Muslim Rohingya terpaksa melarikan diri serangan militer Myanmar yang disinyalir melakukan kampanye pembunuhan, perkosaan dan pembakaran perkampungan Rohingya di Propinsi Arakan menuju Bangladesh.

Pada Hari Rabu, Amnesty International melaporkan temuan-temuan baru praktek pelanggaran hak asasi manusia terhadap warga minoritas Rohingya.

Sumber:  TRTWorld

No comments:

Post a Comment